Selasa, Maret 10, 2009

Rumus Praktis Excel : Menghitung Parameter Bidang / Ruang Bangun

. Selasa, Maret 10, 2009

MATEMATIKA …Yap, ini adalah salah satu mata pelajaran yang begitu saya sukai waktu sekolah dan kuliah dulu…mungkin sampe sekarang. Salah satu faktor ketertarikan saya akan matematika adalah karena hasil jawabannya yang dalam bentuk angka pasti. Jika angka hasil hitungan kita sesuai dengan jawaban aslinya, berarti perhitungan kita benar…Tapi jika tidak sesuai, berarti ada yang salah…!!

( Titik, tidak ada koma lagi…Ini yang mengasyikkan dari pelajaran Matematika…ANGKA PASTI !!! )


Nah…Kebetulan saya kuliah dulu tidak jauh-jauh dari hal-hal yang berkutat dengan angka-angka ini…Yaitu Jurusan S-1 Teknik Sipil di Fakultas Teknik UNLAM Banjarbaru. Dan memang …Bidang “Hitung-Menghitung” inilah yang wajib dan harus dikuasai oleh semua mahasiswa Teknik…tanpa terkecuali !!


( Klo gak bisa menghitung dan mengenal sama angka-angka…Jangan harap bisa kuliah dan lulus di Fakultas Teknik. Ingat itu ya?!! Hehe… )


Rumus Praktis Excel Sederhana, Buatanku !!


Mengingat bidang Teknik Sipil tidak terlepas dari hal-hal yang terkait dengan masalah bangunan yang tentu saja tidak jauh dari hitung-menghitung bidang / ruang bangun…Yakni menghitung panjang, lebar, luas, keliling, volume, dan sebagainya. Apalagi bagi mereka yang bekerja dan berprofesi sebagai kontraktor dan konsultan…Tentu pasti paham dan menguasai betul tentang hal-hal yang begituan (Udah 17 tahun keatas kan ??!).


Suatu ketika, dulu …Saya jadi kepikiran, iseng bikin rumus-rumus praktis sederhana di Microsoft Excel 2007 untuk membantu dan mempermudah langkah dalam menghitung luas, volume, dan keliling beberapa bentuk bidang / ruang bangun. Tentu saja, dengan tampilan yang rada user friendly dan mudah dipahami seperti gambar berikut :


Xcl1Xcl2


Bagi Anda yang juga tertarik dengan bidang hitung-menghitung seperti saya ini…dan pengen tidak repot-repot menghitung luas, volume, dan keliling beberapa bentuk bidang / ruang bangun sederhana …Silahkan anda download secara gratis file rumus berformat excel tersebut DISINI


SEMOGA ANDA BISA ENJOY DALAM MENGHITUNG…!!!


(From Arief_Barabai)

Artikel Yang Berhubungan



3 komentar:

media Matematika SMK 4 mengatakan...

oke juga ,bagus cocok buat aku ,
tank for you

Zein Property mengatakan...

Terimakasih bos atas share-nya.. Tapi kok ga bisa di download, apa udah didelete..?

Unknown mengatakan...

Link mati, min. update dong.

:f :D :) ;;) :x :$ x( :?
:@ :~ :| :)) :( :s :(( :o
:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com