Selasa, Maret 10, 2009

My Little Story About Banjarbaru City : Kota Favoritku !!

. Selasa, Maret 10, 2009

Apakah Anda pernah ke Banjarbaru?…Apa perbedaan antara Banjarbaru dengan Banjarmasin menurut pandangan anda?…Dan hal-hal apa saja yang menarik dari sebuah kota Banjarbaru bagi anda?

Jika pertanyaan-pertanyaan diatas ditujukan kepada saya…Mungkin saya akan menjawabnya begini :

Yap…Saya pernah ke Banjarbaru, dan pernah tinggal disana selama 4 tahun…karena saya dulu kuliah di UNLAM Banjarbaru Fakultas Teknik Jurusan S-1 Teknik Sipil Angkatan 2002. Pernah nge-kost di kawasan Simpang Empat, dan tinggal di perumahan dekat komplek Ratu Elok arah Cempaka.

Kota Banjarbaru bagi saya lebih asri, rindang, tidak padat, dan lebih indah dibandingkan dengan kota Banjarmasin yang sudah sumpek, padat, panas, penuh debu, dan tidak asri lagi karena udah gak banyak lagi pohon-pohon yang tumbuh di pinggir jalan.

Selain itu, kota Banjarbaru masih ada suasana perbukitannya dan banyak pohon-pohonnya…Dan saya adalah orang yang suka sekali dengan suasana perbukitan dan pegunungan, serta suka melihat perpohonan nan hijau. Jika di Banjarmasin…Kayaknya gak mungkin saya bisa dapatkan suasana seperti itu.

Saya adalah tipe orang yang suka dengan ketenangan, keindahan, dan kerindangan. Makanya…Ketika dulu saya harus menentukan pilihan kuliah jurusan apa di UNLAM setelah lulus SMA? Entah artis siapa yang lewat di pikiran saya waktu itu? …Faktor utama dan pertama yang menjadi penentu bagi saya untuk memilih jurusan kuliah di UNLAM tadi adalah karena…Faktor Lokasi Kampusnya ( Sunat muakkad, lokasinya harus di Banjarbaru !! ). Faktor keduanya, baru jurusan kuliah-nya…Aneh bukan?

Nah…Karena kebetulan saya tahu klo Fakultas Teknik UNLAM Jurusan Teknik Sipil lokasi kampusnya ada di Banjarbaru. Ya udah, saat pendaftaran masuk kuliah lewat jalur PMDK dulu…Pilihan pertama saya adalah Teknik Sipil tersebut, baru pilihan keduanya Teknik Arsitektur yang ada di Banjarmasin. Meski sebenarnya dalam hati saya…saya sangat suka menggambar dan berkreasi…serta rada berminat dengan dunia arsitektur !!.

Jika seandainya Teknik Arsitektur lokasi kampusnya ada di Banjarbaru…Bisa jadi dulu, pilihan pertama saya adalah Teknik Aristektur…Bukan Teknik Sipil !! Tapi…Yah, apa mau dikata…Faktor lokasi tadi-lah yang jadi penentunya…Hehe !!.

Tak bisa saya pungkiri…Kota Banjarbaru memiliki banyak magnet yang membuat saya begitu tertarik dengan kota yang satu ini dibandingkan dengan kota Banjarmasin. Bahkan, jika seandainya saya diberi pilihan dan rezeki yang berlebih…Saya pengen bisa memiliki rumah juga di daerah sekitar Banjarbaru. (Tapi saat ini..Hal itu masih angan-angan dan cita-cita…Sekarang baru coba nabung uang dikit-dikit..Hehe !!).

Sekarang…Kota Banjarbaru sudah mulai bergeliat. Bangunan, pertokoan, komplek-komplek perumahan, dan sarana infrastruktur baru mulai tumbuh berkembang dengan pesatnya di beberapa sudut kota Banjarbaru. Apalagi sekarang, ada muncul wacana tentang rencana akan dipindahkannya ibukota Provinsi Kalimantan Selatan dari Banjarmasin ke Banjarbaru. Jika hal ini benar-benar terwujud…Bisa dipastikan, suasana dan lingkungan kota Banjarbaru akan sangat jauh berbeda dari masa sekarang dan saat saya masih kuliah dulu di Banjarbaru.

Tidak masalah bagaimana Banjarbaru akan berubah?? Tapi saya cuma bisa berharap…Semoga kota Banjarbaru bisa tetap menjaga ciri khas-nya yang menjadi magnet ketertarikan saya akan kota tersebut…yakni kerindangan, keasrian, dan keindahannya dengan tetap menjaga pohon-pohon dan tanaman hijau yang tumbuh subur dengan lebatnya di beberapa sudut kota dan pemukiman penduduk.

Jika pemerintah setempat rela mengorbankan lahannya dengan menebang habis pepohonan yang ada, tanpa ada sisa sedikit pun, demi memperluas wilayah bangunan dan pemukiman …Mungkin, penilaian saya akan kota Banjarbaru bisa jadi…tidak jauh beda dengan kota Banjarmasin seperti yang ada sekarang. Semoga Pemerintah Kota Banjarbaru bisa dengan bijak dan santun dalam mengelola dan mengembangkan kotanya agar tetap asri dan enak dipandang mata.

Tetaplah Asri dan Indah…Kota Banjarbaru !!!

(From Arief_Barabai)

Artikel Yang Berhubungan



4 komentar:

budimeeong mengatakan...

:D salam kenal jua nah...blognya harat banar....bediam dimana teh..?? jaka umpat komunitas pahuluan.org ha...hehehehe

Arief_Murakata mengatakan...

Klo aku tinggalnya di kota Barabai ja..Gak jauh-jauh amat !!

Klo mo ketemu..di Dinas Pendidikan HST juga udah cukup kok..Hehe !!

Wah..aku masih awan tentang blog-blogan..Jadi belum kenal betul tentang komunitas tsb !!

Kutitip salam untuk dangsanak blogger barabai semua aja ...Salam Kenal !!

JALOE mengatakan...

wew boss blog anda content nya bagus2.. salam kenal jg

Pakacil mengatakan...

yup.. saya juga sangat suka dengan Banjarbaru
dan sangat berharap agar kota ini tidak menjadi crowded...

:f :D :) ;;) :x :$ x( :?
:@ :~ :| :)) :( :s :(( :o
:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com