Rabu, Maret 04, 2009

Jalan-Jalan Keliling Barabai Yuk ?!!

. Rabu, Maret 04, 2009

Anda seorang Petualang ? …atau orang yang punya hobi jalan-jalan, suka berkeliling ke daerah-daerah yang belum pernah dikunjungi atau dilihat? …atau orang yang terkadang suka JJS (Jalan-Jalan Sore) tiap hari buat hiburan habisin waktu doang?


Klo iya, berarti hobi anda sama dong dengan saya…Hehe !!


Sedikit introduction tentang saya…Saya termasuk orang yang suka jalan-jalan dan berkeliling ke daerah “asing” yang belum pernah dikunjungi. Apalagi jika ada peta berada di genggaman tangan saya ..Wah, rasa penasaran untuk berjelajah dan mencoba menelusuri rute-rute jalan yang belum pernah dilalui seperti yang terlihat di peta akan besar sekali lho !!


(Hehe…Maklum, karena saya termasuk orang yang takut tersesat…Jadi, jika ada peta di tangan, gak mungkin tersesat kan? Hehe.. )


Sekarang pertanyaan lain…


Apakah anda orang Barabai ?? ..Atau apakah anda pernah berkunjung, tinggal, ato bekerja, di kota Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah yang ada di Kalsel ?? …Pernah jalan-jalan keliling wilayah kecamatan ato desa-desa di kabupaten HST…Gak cuma nongkrong atau jalan-jalan di daerah kota Barabai doang yang emang dari sono-nya udah rame and padat ?? ..Udah hapal semua rute jalan yang ada di HST ?? …Dan pernahkah anda tersesat di HST ??!


Hehe…Sebenarnya pertanyaan terakhir diatas itu cuma sebagai pengantar dari saya untuk mengajak anda agar mau mencoba jalan-jalan berkeliling, berpetualang, dan melihat ke daerah-daerah pedesaan atau kecamatan yang ada di wilayah kabupaten Hulu Sungai Tengah !! Tidak cuma jalan-jalan di kota Barabai doang…tapi mencoba mengenal lebih jauh tentang kabupaten HST, kampung halaman saya ini dengan berkeliling dan menelusuri jalan-jalan di daerah pedesaan.


Lebih “khususan” lagi…Bagi mereka orang Barabai aseli, dan bagi mereka yang pengen jalan-jalan ke pelosok desa yang ada di HST, tapi tidak tahu rute jalan mana yang harus dilalui karena tidak hapal jalan dan daerah-nya atau baru pertama kali berkunjung kesana ??


Ada beberapa tips dan trik sederhana neh dari saya yang mungkin bisa anda coba ketika mau jalan-jalan di kampung/desa yang ada di kabupaten saya…Barabai, HST. Coba aja biar gak penasaran :


1. Ajak teman-mu yang hapal dengan wilayah ato daerah yang akan kamu kunjungi.


Klo anda mau…berombongan aja berangkatnya biar aman dan rame !! Jadi, klo pas ban kendaraan anda bocor atau dompet anda ketinggalan di rumah…Anda masih bisa nebeng sama temen anda. Iya kan? Hehe..!!


2. Klo udah rada bingung dan udah merasa tersesat di jalan…Coba tanya sama orang yang anda temui di jalan atau warga kampung terdekat.


Jangan lupa prinsip pantun berikut jika anda lagi jalan-jalan di tempat asing …Benar-benar terbukti ampuh lho !!


MALU BERTANYA SESAT DI JALAN…

JADI, JANGAN DIEM TERUS KLO UDAH KEBELET…KESASAR !!


3. Cobalah anda untuk belajar bahasa Banjar Barabai !!


Kenapa saya kasih saran begini…karena rata-rata warga kampung di HST masih suka bapandir pakai bahasa ibu-nya…Bahasa Banjar !! Klo anda ternyata orang Afrika tentu sulit nanya dan bicara sama orang Barabai klo masih pake bahasa BLACK NIGHT …Betul?? Jadi…Belajarlah bahasa saya !!


4. Bawa Handphone (HP) setiap saat !!


Ini salah satu cara pamungkas jika anda berada di Dunia Laen. Klo ternyata anda udah merasa nyasar, tersesat, bingung, sendirian di hutan, dan gak tahu jalan pulang …Solusinya…


CALL A FRIEND !! Minta tolong dijemput..!!


Tapi anda perlu hati-hati lho klo mo pake HP di kampung…


Jangan sampe low batt tuh HaPe…Bawa HaPe yang biasa-biasa aja biar gak kecurian…Jangan lupa diisi penuh pulsanya…Dan yang paling penting…Cari daerah yang ada sinyal-nya ( Klo gak ada sinyal..Sama aja Bo’ong !! )


5. Bawa uang berlebih, tapi jangan berlebihan !!!


Bawa uang biar bisa belanja di warung…Kebiasaan yang jaga warung di kampung adalah cewek-cewek yang muda-muda dan manis-manis. Jadi, klo mo cuci mata…gak masalah klo mo mampir…Hehe !!


Tapi, inget….Meksi loe orang kaya, punya uang banyak, dan pengen pergi ke kampung …Jangan sekali-kali cuma bawa kartu kredit doang di dompet…Gak bakal kepake di kampung !!! UNDERSTOOD….???


6. Jika benar-benar pengen gak nyasar di kampung, bawa Peta Wilayah Barabai yang Detail di tangan !!!


Nah…Cara terakhir ini adalah trik yang saya pake klo lagi pengen jalan-jalan ke desa-desa di HST sendirian…Udah pasti, hampir 100% gak mungkin tersasar klo udah paham dan mengerti rute jalan-jalan desa di peta (map) yang akan dan telah kita lalui. Insyaallah bakal bisa balik ke rumah dengan selamat (Asal gak terjadi apa-apa aja selama di jalan !!)


Kab.HST Maps


Nah…Mengingat, Meninjau dan Memperhatikan Poin (6) terakhir diatas. Dengan sukarela, saya mo kasih anda peta detail jalan-jalan yang ada di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Tengah secara gratis seperti gambar diatas…( Disadur dari file gambar AutoCAD )


…Dan Peta inilah yang jadi pegangan saya jika saya lagi pengen jalan-jalan keliling kampung, desa, dan kecamatan di Kab. HST…Karena gambar rute jalannya yang cukup detail.


Jika anda berminat untuk berjelajah mengelilingi wilayah Kabupaten tercintaku ini ...dan pengen tidak tersasar selama di perjalanan. Klo anda mau, silahkan download peta dari saya tersebut dengan meng-klik gambar peta diatas atau DISINI


SELAMAT JALAN-JALAN di HULU SUNGAI TENGAH !!!!


(From Arief_Barabai)

Artikel Yang Berhubungan



2 komentar:

ejhonski mengatakan...

Hi Arief

salam kenal, aku kemungkinan tgl 10 agustus ada di banjar, tertarik mau keberabai...bisa minta kontaknya???

salam
Ejhonski

Zein Property mengatakan...

Salam Kenal dari urang banua (Barabai)
Ditunggu silaturrahminya ke blog kita "All About Property and Real Estate, Bussines and Investmen" di www.developerdankontraktor.blogspot.com

:f :D :) ;;) :x :$ x( :?
:@ :~ :| :)) :( :s :(( :o
:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com