Selasa, Maret 10, 2009

Modul Belajar TIK untuk Kalangan Pelajar : Made in Barabai

. Selasa, Maret 10, 2009

Apakah Anda seorang Pengajar atau Pembimbing Kursus Komputer bagi kalangan pelajar, ataukah Anda seorang Guru Pengajar Mata Pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Teknologi) di sekolah setingkat SMP dan SMA ??


Sebenarnya disini saya bukannya bermaksud untuk promosi produk lho…Enggak sih, ’gak !!! Tapi lebih dari itu semua…Sebenarnya saya pengen bisa berbagi karya, ilmu pengetahuan dan pengalaman pribadi saya yang dulu pernah menjalani profesi yang sama seperti isi pertanyaan diatas kepada anda sekalian semua !!


Sedikit cerita tentang pengalaman saya dulu…


Dulu…Hampir sekitar 1,5 tahun…saya sempat bekerja dan mengajar sebagai staf TU (Tata Usaha) sekolah dan sebagai guru honorer yang mengajarkan mata pelajaran Komputer atau TIK bagi siswa-siswi kelas X dan XI di SMA PGRI Barabai …Yaitu sebuah sekolah swasta di Barabai yang letaknya bertetangga dengan SMPN 3 Barabai dan bersebelahan dengan sekolah SMA saya waktu kecil dulu yang juga merupakan sekolah SMA Favorit di Kabupaten HST, yaitu SMA Negeri 1 Barabai.


Karena latar belakang Pendidikan Tinggi saya yang seorang Sarjana Teknik Sipil…Bukan seorang Pendidik atau Guru yang pernah mendapatkan pendidikan keguruan dan tata cara mengajar di sekolah…Tentu saja awal-awal jadi guru, saya jadi rada sulit untuk bisa beradaptasi dan mengerti tentang bagaimana cara mengajar yang baik, serta cara menghadapi anak murid di dalam kelas?? Saat itu, saya benar-benar merasa gugup, deg-degan, malu, dan bahkan…menjadi seorang yang pendiam di sekolah.


Namun, dengan seiring berjalannya waktu …akhirnya saya bisa paham, mengerti, dan bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan, para guru dan anak-anak murid di sekolah …Serta bisa menempatkan diri sebagai seorang Guru Pengajar dan mampu mengajarkan mata pelajaran TIK kepada anak didik dengan sedikit lebih baik dibandingkan masa awal mengajar dulu.


Suatu ketika…disaat masa liburan sekolah telah tiba, saya jadi kepikiran untuk membuat modul pelajaran TIK untuk diri saya sendiri dan anak murid agar bisa terbantu dan termudahkan pengajaran TIK di kelas sehingga bisa lebih terarah dan sesuai dengan kurikulum yang ditetapkan sekolah.


Modul-modul ini saya buat dengan merangkum berbagai materi yang terkait dari berbagai sumber, semisal buku, majalah, internet, dan lainnya. Masing-masing modul mewakili materi-materi pelajaran TIK dari setiap semester untuk kelas X dan XI…Yaitu materi tentang Perangkat Komputer, Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Internet …Materi-materi itu saya coba rangkum dan susun secara sistematis, sederhana dan agak menarik dalam bentuk modul, dengan harapan …semoga para murid saya sudi membaca dan mempelajarinya dengan lebih seksama.


Tidak bisa dipungkiri…Keberadaan modul-modul belajar ini ternyata begitu membantu saya dalam mengajarkan, melatih, dan mempraktekkan komputer kepada para anak murid, baik di dalam kelas maupun saat praktek di Laboratorium. Sesuatu yang begitu menolong saya yang memang notabene..Bukanlah seorang lulusan kuliah dari Fakultas Pendidikan dan Keguruan seperti guru/pengajar yang ada sekarang ini !! Akhirnya…mungkin sejak saat itulah, saya mulai bisa mengerti tentang bagaimana rasanya menjadi seorang guru ?? dan merasakan bahwa…


Mengajar itu ternyata Mengasyikkan Ya ??!! Hehe…


Dari pengalaman saya itulah…Makanya, saat ini…melalui artikel blog saya ini…saya pengen bisa berbagi KEASYIKAN” saya tersebut kepada anda sekalian dengan memberikan secara gratis paket modul-modul belajar TIK hasil karya saya tersebut yang tentu saja…mungkin masih terlalu sederhana dan tidak sebagus modul belajar komputer buatan dan hasil karya orang lain. Tapi setidaknya…Saya senang dan ikhlas bisa berbagi dengan Anda !!


Jika Anda berminat dengan hasil karya buatan “Anak Banua” ini, silahkan download gratis dengan meng-klik gambar disini :

Komptr Excel

Word Internet


Sebenarnya paket modul belajar komputer yang sederhana ini tidak cuma ditujukan khusus bagi mereka yang berprofesi sebagai pembimbing atau guru pengajar komputer saja ...Tapi juga diperuntukkan bagi khalayak ramai, termasuk para pelajar itu sendiri yang berkeinginan untuk mempelajari dan memahami lebih dalam lagi tentang segala hal yang berkaitan dengan pelajaran TIK tersebut dari sudut pandang seorang (mantan) Guru Pengajar TIK (Saya sendiri maksudnya…Hehe..Maaf !!)


Modul-modul atau paket pelajaran TIK ini saya buat dalam bentuk tulisan dan bahasa yang sederhana dengan tampilan yang (mungkin) masih rada kekanak-kanakan dan kekomik-komikan ini…Hehe !!!

(Harap dimaklumi ya…Karena sampe sekarang saya masih ada jiwa Manga-nya !!)


Akhirnya…Semoga paket/modul belajar Komputer (TIK) yang saya buat ini bisa bermanfaat dan membantu dalam menunjang kegiatan pembelajaran komputer bagi kalangan pelajar, sehingga akhirnya para anak didik tersebut bisa paham dan mengerti tentang beberapa hal yang terkait dengan dunia teknologi seperti komputer…dan bisa menerapkannya dalam kehidupan mereka selanjutnya ....Semoga !!


SALAM untuk PARA GURU BANGSA !!!!


(From Arief_Barabai)

Artikel Yang Berhubungan



4 komentar:

oela_mesra mengatakan...

wau bagus kali blognya pak...
perkenalkan saya oecil.
baru menjadi guru honorer di salah satu SMA swasta di Padang,
pas membaca punya Bapak saya terkesan sekali karena banyak membantu dalam proses belajar mengajar...
trima kasih banyak...
trima kasih banyak...
trima kasih banyak

Taufiq mengatakan...

buat pak Arief semoga karya2 nya bernilai ibadah disisi ALLAH SWT...,
karya ini sangat membantu bagi saya...
salam kenal buat bapak.., nama saya OPI
calon guru SMP...
semoga kesuksesan selalu bersama pak ARIEF...
thank u......
thank u......
thnk u.......

SMA PGRI NARINGGUL mengatakan...

Pak Arif, INi artikel yang sangat bagus dan link download yang banyak di cari. tapi saya coba download,tapi tidak bisa di buka /kosong. kalo bisa tolong file downloadnya di UPLOAD Lagi ke Zidu atau file hosting yang lain.Terima Kasih banyak

M. Syaiful Bahri mengatakan...

kok gak bisa download?

:f :D :) ;;) :x :$ x( :?
:@ :~ :| :)) :( :s :(( :o
:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com