Rabu, Maret 18, 2009

Hidden File Tool : Freeware Pencari File Tersembunyi berattribut Hidden-System

. Rabu, Maret 18, 2009

Hidden File Tool 1.0 adalah aplikasi freeware portable sangat kecil dan sederhana (26 KB) hasil rancangan Ebta Setiawan (http://ebsoft.web.id) yang menurut saya merupakan aplikasi buatan Anak Negeri yang sangat bagus untuk mencari file-file yang tersembunyi (hidden) di dalam driver komputer atau sistem windows kita.

Aplikasi ini memiliki beberapa kelebihan (feature), antara lain :

1. Sangat cepat dalam mencari file beratribut Hidden, System, Read-Only, dan Archive.

2. Menyaring file extention ( *.* ; *.doc ; *.ppt ; *.xls ; *.exe ; *.dll ; *.pif )

3. Mudah untuk mengubah atribut file / folder

Berikut kutipan penjelasan tentang aplikasi Hidden File Tool dari artikel yang disadur dari posting blog/website milik Ebta Setiawan itu sendiri, yaitu di http://ebsoft.web.id . Berikut petikan isi posting beliau :

Mengenal Attribute file atau folder, download Hidden File Tool

Bagi teman-teman yang sudah akrab dengan komputer pasti tahu bahwa setiap file mempunyai attribute. Coba diklik kanan sebuah file dan dipilih menu Properties, maka pada bagian/tab General dibagian bawah ada keterangan Attributes yang terdapat tiga opsi Read-only, Hidden, Archive. Sebagian besar pasti sudah tahu maksudnya, Read-only agar file tersebut hanya bisa dibaca tidak bisa diedit, Hidden agar file tidak tampil, ketika opsi hidden diaktifkan ( melalui menu Folder Options, tab View didalam Advanced settings, opsi Show hidden files and folders ) dan Archive yang menunjukkan file merupakan arsip, atau untuk backup.

attribute_file

Jika hanya ketiga attribute tersebut, maka kita dengan mudah mengubah-ubahnya. Tetapi ada beberapa attribut lain yang tidak ditampilkan, yaitu Normal, Offline, Temporary dan System. Salah satu yang terpenting adalah System, Attribut ini digunakan jika sebuah file merupakan file penting system Windows. Jika attribute ini aktif maka opsi Hidden tidak akan bisa diubah (disabled). Oleh karena itu, attribute ini sering dimanfaatkan virus, trojan dan lainnya untuk menyembunyikan diri dan menyembunyikan dokumen kita.

Bagaimana jika dokumen kita tiba-tiba hilang?

Jika dokumen kita attributenya diubah menjadi Hidden dan System, maka opsi Hidden tidak akan bisa diubah (dengan klik kanan > properties), dan meskipun opsi Show Hidden files and folder diaktifkan, maka dokumen kita tetap tidak terlihat (di Windows Explorer). Untuk menampilkannya kita harus mengeset opsi lain, di Folder Options tab View dan hilangkan tanda cek di opsi Hide protected operating system files (recommended). Tetapi opsi ini kadang dihilangkan oleh virus, sehingga tidak bisa diset.

File atau folder yang sudah diset Hidden-System maka untuk menghilangkannya dapat digunakan Command Prompt ( menggunakan command : attrib -s -a -r -h /s /d ) , hanya saja hal ini kadang merepotkan jika file atau folder yang di hidden banyak apalagi kadang command prompt di non aktifkan oleh virus. Untuk mempermudah mencari file-file yang ber attribut Hidden-System maka dapat digunakan tools ini, yaitu Hidden File Tool.

Aplikasi sederhana yang saya buat untuk mengatasi masalah seperti ini, mengingat saat ini hampir sebagian virus lokal memanfaatkan fasilitas ini. File ini berukuran sangat kecil, hanya sekitar 26 KB dan tidak perlu installasi, tinggal jalankan langsung. Berikut tampilan Hidden File Tool.

hidden_file_tool_small

Download
Download Freeware Hidden File Tool 1.0 ( 26 KB )

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

:f :D :) ;;) :x :$ x( :?
:@ :~ :| :)) :( :s :(( :o
:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com