Rabu, Maret 25, 2009

Backup Data : Solusi Penting dan Wajib Anda Lakukan

. Rabu, Maret 25, 2009

Backup adalah solusi yang murah meriah dalam menghadapi ancaman kehilangan data. Terlebih lagi, backup dapat melindungi pemilik data bukan hanya dari ancaman dihancurkan oleh virus tetapi juga dari ancaman lain seperti kerusakan hardware / harddisk maupun software seperti salah format (percayalah hal ini sering terjadi) atau hapus, ada juga ancaman lebih parah seperti pencurian, banjir, kebakaran ataupun forcemajeur lainnya.

Backup tidak hanya berguna bagi perusahaan tempat administrator bekerja, tetapi backup juga berguna bagi pengguna komputer secara pribadi.

Backup ibarat asuransi, yang dapat menghemat waktu, biaya bahkan berfungsi layaknya seperti SDB (Safe deposit box) yang dapat menyimpan data anda yang berharga dan tidak tergantikan seperti foto pernikahan, foto dengan pacar lama (masa karena lupa backup dan fotonya terhapus harus pacaran lagi supaya bisa dapatkan foto dengan pacar lama ? :P).

Data dapat hilang karena beberapa sebab, antara lain karena kerusakan hardware, human error (salah hapus, salah format dan lainnya), kerusakan software, virus dan bencana alam / force majeur.

Mengatakan lebih mudah dari menjalankan, begitulah kata pepatah. Masalah utama backup bukanlah pada kerumitan atau kesulitan menjalankan aplikasi backup TETAPI pada kedisiplinan melakukan backup data ini. Backup yang baik adalah backup yang dilakukan secara teratur pada media yang terpisah, terverifikasi dan terlindung dengan baik.

Jika anda bekerja pada perusahaan besar dengan database yang krusial kemungkinan anda sudah familiar dengan media backup yang mahal seperti tape backup, SAN server atau backup server lainnya. Sekalipun sudah dilengkapi dengan media backup yang handal dan mahal, penulis pernah mengalami kasus dimana data yang dibackup secara teratur setiap hari pada tape backup ternyata tidak bisa direstore pada saat dibutuhkan, ternyata dukungan hardware backup mahal dan canggih tidak cukup jika proses verifikasi tidak dilakukan.

Untuk backup data personal, belajar dari pengalaman di atas, hardware dan media backup yang mahal atau canggih tidak menjadi syarat utama. Bahkan para pengguna komputer yang memiliki CD / DVD Writer sudah memiliki sarana media backup yang cukup handal dan ekonomis (hampir semua notebook baru sekarang minimal memiliki kemampuan CD Writer dan beberapa notebook high end memiliki kemampuan DVD Writer).

Dengan CD R backup dapat dilakukan sampai dengan 400 MB dan dengan DVD R dapat melakukan backup data sampai dengan 4.7 GB per keping CD / DVD yang harganya berkisar dari Rp. 3.000,- s/d Rp. 10.000,- per keping.

Apakah backup dengan CD/DVD merupakan solusi murah dan aman apakah ada solusi lain ? Dibandingkan dengan backup dengan harddisk atau flashdisk, backup dengan CD/DVD dapat dikatakan lebih aman karena sifat WORM (Write Once Read Many) tersebut dan jelas lebih murah jika dibandingkan dengan flashdisk.

Jika anda memiliki koneksi internet broadband unlimited, ada satu perkembangan menarik dari internet yang seolah tidak berhenti memberikan kejutan, yaitu Online Backup. Coba anda jalan-jalan ke www.idrive.com yang menjanjikan 2 GB Gratis ruang backup dan www.mediamax. com yang menjanjikan 25 GB Gratis ruang backup dengan pembatasan pada ukuran file upload maksimal 10 MB dan 1 GB kuota download. Untuk gratisan rasanya fasilitas ini dapat dikatakan sangat murah hati.

Jadi metode backup mana yang anda pilih ? Keputusan terserah kepada anda tetapi yang terpenting adalah ... Lakukan Sekarang !!! Backup....backup. ...backup.



(From Net)


Artikel Yang Berhubungan



1 komentar:

Crysolite Anugerah Siregar mengatakan...

saya mau minta tolong,
dikomputerku sedikit ada masalah
Ceritanya:

ada harddisk extension,
kemudian saya download program Cobian backup lewat internet.
kemudian saya instalasi.
Setelah saya intalasi saya membuat backup satu folder
ternyata tujuan backupnya saya buat ditempat harddisk yang sama.
sewaktu saya pakai komputer ada pesan " anda menjalankan hardisk dengan ruang kecil yang tersisa"

lalu saya periksa bahwa ada satu folder yang tiga kali saya backup di hardisk yang sama. Dan juga ternyata kuperintahkan untuk setiap hari backup.
lalu saya uninstal program ini, kemudian saya mencoba
menghapus data yang dibackup dengan program hapus data yang tersedia di windosku.
lalu setiap saya hapus, muncul folder yang baru
Setiap saya hapus satu folder muncul lagi yang baru
sampai sekarang aku coba, sepertinya udah keturunan yang keenambelas dan selalu dibuat tiga folder.
tolong saya apa yang harus kubuat untuk mengatasi ini, karena jika saya menjalankan program lain menjadi terganggukarena memakan slalu hardisku

Saya harap bantunya

:f :D :) ;;) :x :$ x( :?
:@ :~ :| :)) :( :s :(( :o
:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com