Senin, April 13, 2009

Test Apakah Komputer Anda Terinfeksi Conficker atau Tidak ?

. Senin, April 13, 2009

 

Artikel ini saya sadur dari blog miliknya Mas Ebta Setiawan (http://ebsoft.web.id), karena menurut saya artikel ini cukup bermanfaat bagi rekan-rekan yang kebetulan berkunjung ke blog saya ini. Selamat Menyimak !!

 

Saat ini mungkin salah satu virus yang penyebarannya sangat banyak dan dampaknya cukup serius adalah virus Conficker (alias Kido atau Downadup). Berbagai media telah memberitakan banyaknya penyebaran dan bahaya dari malware ini.

 

Bagaimana Mengetest bahwa Komputer Kita Aman dari Infeksi Virus Conficker ?

 

Ada beberapa cara mudah yang bisa kita gunakan untuk lebih meyakinkan bahwa komputer kita aman dari Conficker. Karena jika sudah terinfeksi, maka Antivirus-pun kadang tidak akan bisa mendeteksi atau menanganinya, harus menggunakan tools khusus (sudah banyak tersedia di internet).

 

Berikut beberapa test yang bisa dilakukan.

  • Buka alamat situs berikut : Conficker Test, Jika muncul 6 gambar, maka komputer kemungkinan besar aman dari virus ini, tetapi jika ada sebagian yang tidak muncul, harus diwaspadai kemungkinan terinfeksi virus ini.

conficker-test-1

  • Cara ini hampir sama dengan cara pertama, yaitu dengan membuka website ini : Conficker Eye Chart , jika disana tampil 6 gambar secara utuh, maka kemungkinan besar komputer aman, tetapi jika ada sebagian gambar yang tidak tampil, bisa jadi komputer anda telah terinfeksi Conficker.
conficker-test-2
  • Buka alamat website INI . Jika komputer anda aman, maka akan ditampilkan pesan sebagai berikut :

conficker-test-3

 

 

Di langkah 1 dan 2 disana dijelaskan jika beberapa gambar tidak tampil, maka kemungkinan komputer terkena infeksi salah satu varian Conficker ( Conficker B/C atau mungkin juga virus lainnya). Jika semua gambar tidak tampil, pastikan setting/pengaturan web browser untuk menampilkan gambar sudah aktif.

 

Ketiga cara diatas memerlukan akses internet, karena seperti diketahui Conficker akan menutup /memblok akses lebih dari 100 website keamanan/antivirus. Tetapi jika koneksi internet komputer melalui proxy server (misalnya satu kantor menggunakan satu koneksi saja) test tersebut tidak akan efektif.

 

Jika terindikasi terinfeksi Conficker, bisa menggunakan tools/remover (pembersih) dari salah satu vendor antivirus berikut :

referensi : H-security

 

NB :

Atau, silahkan anda coba pake antivirus bikinan anak negeri yang cukup dikenal, yaitu PCMAV Express atau PCMAV 2.0x edisi terbaru yang mengklaim dirinya mampu mengatasi masalah virus conficker tersebut. Silahkan anda coba cari dan download di internet, atau kunjungi alamat website berikut : http://www.virusindonesia.com/

 

 

SEMOGA INFONYA BERMANFAAT !!

Artikel Yang Berhubungan



1 komentar:

ryan mengatakan...

mudah2an aja gak terinfeksi deh :p

oia jangan lupa mampir ke sini ya...

:f :D :) ;;) :x :$ x( :?
:@ :~ :| :)) :( :s :(( :o
:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com