Rabu, Juli 01, 2009

ExTools : Free Add-Ins for Excel yang Multi-Fungsi dan Multi-Guna

. Rabu, Juli 01, 2009

 

excelBeberapa waktu yang lalu, sebelum saya memulai bikin blog ini, ketika lagi surfing di internet, saya mencoba untuk mencari aplikasi-aplikasi add-ins Microsoft Office yang gratis (free) dan menarik untuk menambah koleksi program saya dan untuk di-installkan di Office 2007 di laptop saya. Dan akhirnya, pada suatu pencarian di sebuah situs, saya menemukan add-ins freeware untuk Microsoft Excel yang cukup bagus dan patut dicoba, karena add-ins ini memiliki banyak fasilitas di dalamnya, dan tersedia 2 pilihan paket, yaitu add-ins untuk Excel 97-2003 dan untuk Excel 2007. Adapun nama add-ins Excel gratis tersebut adalah EXTOOLS.  

 

Add-Ins Excel Extools ini adalah program/Add-Ins yang dapat membantu anda sehingga bisa bekerja lebih produktif di Excel, memiliki banyak feature/fasilitas sehingga pekerjaan editing spreadsheet excel menjadi lebih mudah dan cepat. Add-ins Extools ini menyediakan sekitar 71 fasilitas yang diharapkan dapat mempermudah / membantu pekerjaan anda di Microsoft Excel.

 

ex1

ex2 

Ada 2 (dua) pilihan Extools sesuai media Microsoft Excel yang digunakan, yaitu Extools untuk Excel 97 – 2003, dan Extools RX untuk digunakan di Excel 2007.

 

Berikut petikan dari website excel-extools mengenai aplikasi add-ins Extools ini :

 

Extools and Extools RX are 100% free Excel spreadsheet add-in software for both personal and commercial use. Download and make your spreadsheet editing tasks much easier. Extools series free Excel spreadsheet download do not contain any form of malware (trojans, viruses, spyware etc). They do not do anything to compromise your privacy or the security of your PC. All downloads from this site are free from spyware, malware and adware. All the free Excel spreadsheet add-in download software are provided as is without any warranty, read the full terms and conditions before you download any free Excel spreadsheet add-in from this site.

 

 

Bagaimana Cara Menginstall Extools ke dalam Microsoft Excel ?

 

Berikut ini akan dijelaskan bagaimana langkah-langkah menginstall/memasukkan add-ins Extools untuk masing-masing tipe pilihan, yaitu add-ins Extools 2.0.5 untuk Excel 97-2003 dan add-ins Extools RX 1.0.3 untuk Excel 2007 or above.

 

Extools (Excel 97~2003)

  • Setelah berhasil men-download Extools free Microsoft Excel add-in spreadsheet software, khususnya Extools untuk Excel 97-2003, unzip files Zip Extools tadi ke PC anda. Jika anda menggunakan Windows XP atau Vista, maka anda tidak harus perlu pakai Winzip/WinRAR. Anda bisa menggunakan Windows Explorer/My Computer untuk membuka file Zip yang telah di-download tadi dan copykan isinya ke folder/directory baru. Ilustrasi langkah berikutnya menggunakan Excel 2003, yang mirip dengan Microsoft Excel 97, 2000, 2002 and 2003.
  • Buat folder dengan nama sesuka anda dan extract file-file Extools tadi ke folder tersebut. Sebagai contoh, letakkan di folder extools di drive C:\, yaitu di C:\extools, seperti tampilan di bawah ini.

Catatan : Folder ini nantinya berfungsi sebagai master/sumber data aplikasi bagi add-ins Extools tersebut di Excel setelah berhasil diinstall. Apabila folder ini atau sebagian / seluruh file yang ada didalamnya diganti nama (rename) atau dipindah / dihapus / hilang  (cut/delete), maka add-ins Extools di Excel tadi tidak akan berfungsi dengan baik (error). Dengan demikian, saya sarankan agar anda bisa memikirkan dan memastikan lebih dahulu nama folder yang tepat & lokasi penempatan folder tersebut yang bisa menjamin “keamanan” file-file didalamnya dari gangguan apapun.

 

clip_image002

  • Jalankan Excel 2003, klik Menu ‘Tools | Add-Ins.’:

clip_image004 

  • Dari dialog box Add-Ins, klik ‘Browse‘ , lalu cari dan pilih file add-in ‘EXTools.xla‘ yang berada di folder yang baru anda buat tadi sebelumnya (di lokasi C:\extools). Kemudian beri tanda centang pada pilihan Extools di dialog box Add-Ins tersebut,lalu tekan OK.

clip_image005

  • Pada menu di Toolbar Microsoft Excel 2003 akan muncul tambahan menu ExTools yang berisi keseluruhan fasilitas yang dimilikinya pada sub-sub menunya.
  • Untuk meng-uninstall “Extools“, gunakan Add-Ins dialog box lagi dan uncheck Extools dari daftar add-ins, kemudian anda bisa menghapus folder tempat dimana file-file ExTools tadi diletakkan.

Extools RX (Excel 2007)

  • Setelah mendownload Extools RX, maka lakukan hal yang sama dengan Extools untuk Excel 97-2003. Apabila Extools RX tidak berfungsi dengan baik, maka cek terlebih dahulu “Excel’s security setting“-nya. Caranya dengan meng-klik : Microsoft Office Button (tombol kiri atas yang bulat) > Excel Options > Trust Center > Trust Center Settings > Add-Ins, kemudian pastikan bahwa seluruh opsi Security Add-Ins TIDAK dipilih.
  • Buat folder terserah anda, dan extract file-file Extools RX tadi ke folder baru tersebut. (Catatan : Perlakuan pada folder disini juga sama dengan Catatan untuk Extools Excel 97-2003 diatas tadi). Lihat contoh di bawah ini, disini file-file Extools RX akan diletakkan di folder C:\extoolsrx.

clip_image007

  • Jalankan Excel 2007, kemudian klik tombol bulat di kiri atas, yaitu Microsoft Office button, lanjutkan dengan klik tombol Excel Options (dibawah kanan), sehingga akan tampil dialog box Excel Options. Pilih pilihan Add-Ins, kemudian klik Tombol Go.

clip_image008

  • Dalam Add-Ins dialog box, klik tombol Browse dan cari file add-ins extools_rx.xlam yang berada di folder yang baru anda buat tadi sebelumnya (C:\extoolsrx) dan klik OK. Pada dialog box Add-Ins lagi, beri tanda centang pada Extools_Rx, kemudian klik OK.

clip_image009

  • Pada Ribbon Toolbar Excel 2007 di sebelah ujung kanan akan muncul tambahan menu Extools sebagaimana gambar di bawah ini yang berisi pilihan fasilitas-fasilitas menarik yang menyertainya.
  • Untuk meng-uninstall “Extools RX“, gunakan Add-Ins dialog box lagi dan uncheck Extools_RX dari daftar add-ins, kemudian anda bisa menghapus folder tempat dimana file-file ExTools RX tadi diletakkan.

Extools

 

Bagaimana Cara Mendapatkannya Add-Ins ExTools ini ?

 

Program ini telah disediakan gratis di website-nya di http://www.excel-extool/ ; atau anda bisa coba download file-nya langsung untuk masing-masing paket pilihan add-ins tadi di :

 

Excel 97-2003 - extools20     atau      Excel 2007 - extools_rx

 

Atau, melalui media download Ziddu yang saya sediakan di bawah ini :

 

ExTools20 for Excel 2003     atau      ExToolsRX for Excel 2007

 

 

 

SELAMAT MENCOBA DAN SEMOGA BERMANFAAT !!

 

Disadur dari artikel from Internet

Artikel Yang Berhubungan



1 komentar:

haridiva mengatakan...

Sayang sekali, saya lebih menggunakan OOo dari pada MS Office :D

:f :D :) ;;) :x :$ x( :?
:@ :~ :| :)) :( :s :(( :o
:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com